Minggu, 23 Juni 2013

Cara mengatasi touchpad yang tidak bisa scroll down





Laptop saya merknya Acer AsphireOne. Dulu saat saya pakai Windows Home Premium, touchpadnya masih bisa berfungsi untuk scroll down. Namun, semua berubah ketika negara api menyerang(?) eh, maksudnya  saat saya install Windows 7 Ultimate, tiba-tiba fungsi scroll down-nya nggak berfungsi… setelah saya berkeliling google, dan mencoba segala cara, masih tidak berhasil. Akhirnya saat saya otak atik sendiri, ketemulah caranya!

Nah, semoga info ini bermanfaat!

Pertama, check dulu jenis penggunaan touchpadnya
1. Klik Contol Panel > Hardware and Sound
Pilih "Mouse". Pilih tab Hardware, dan lihat nama device-nya. Kalau “Synaptics PS/2 Port Touchpad”, berarti itu sudah benar. Yang perlu dilakukan hanya mengklik tombol “Properties” di bawah,




 lalu pilih “Change Setiings” nanti akan muncul jendela seperti berikut



Setelah itu, klik “Update Driver”. Kalau mau update yang menyeluruh, saat update driver, sambungkan koneksi ke internet. Jika langkah-langkah ini masih belum berhasil, di bawah Update Driver ada pilihan “Roll Back Driver”, yang artinya mengembalikan pengaturan touchpad seperti semula. Ini bisa digunakan kalau kasus anda seperti saya, yang sebelumnya bisa tapi sekarang tidak.

2. Bagaimana jika bukan “Synaptics PS/2 Port Touchpad” tapi “Synaptics Comportable Mouse”?

Nah, ini baru kasus yang terjadi di saya. Saya sudah mencoba update driver, roll back driver, tapi tidak terjadi apa-apa. Ternyata, saya harus mendownload dulu software touchpad-nya supaya menjadi “Synaptics PS/2 Port Touchpad” itu.

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, Download dulu softwarenya DISINI (Untuk Win XP, Vista32, Win 7) 
[Baca persyaratan lalu centang “I AGREE” lalu tekan submit]

Setelah selesai mendownload, buka file-nya dan lakukan penginstallan seperti menginstall software pada umumnya. Setelah itu, anda akan diminta untuk me-restart computer. Jangan lupa untuk keluar dari semua program yang sedang digunakan saat akan me-restart. Saat proses booting selesai, anda akan diminta untuk men-setting beberapa hal, setelah itu tekan ok, dan…. JENG JENG!!!

Touchpad anda sudah bisa di scroll down!! :3

Selamat mencoba~ semoga berhasil~
Artikel oleh: Me
Kalau copast isi link sumber ya :) ngetiknya capek tau :v



[Tutorial Lainnya]

Follow me @DEWidhayang

21 komentar:

  1. Ini bener bakalan bisa berfungsi seperti semula kan?

    BalasHapus
  2. Thanks gan , i got my scroll back .
    benar2 menghilangkan beban sy dalam kejenuhan memakai laptop . sukses selalu gan ;)

    BalasHapus
  3. punya saya masih gk mau gan,, saya pke win 32,, tool untuk centang scrollnya gk muncul,, apa ada aplikasi pendukung lain gan?

    BalasHapus
  4. Makasih membantu sekali punya saya udah bisa :D

    BalasHapus
  5. tengkyu mach very,, :D
    sangat membantu sekali,,
    akhirnya udah bisa scrolling2,, :D
    thanks ya Gan,,

    BalasHapus
  6. Sangat membantu mba terima kasih mampir ke blog saya mba cara ridlo

    BalasHapus
  7. Makasih sharingnya bermanfaat min <a href="https://www.ridlowrites.com/cara-backup-dokumen-di-microsoft-word/>cara backup dokumen di microsoft word//a>

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya bermanfaat min <a href="https://www.ridlowrites.com/cara-backup-dokumen-di-microsoft-word/>cara backup dokumen di microsoft word</a>

    BalasHapus